emua fraksi di DPR RI sepa" />
  • Senin, 22 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Pemilu Tahun 2019, Politik Uang Dimungkinkan Makin Marak

Pemilu Tahun 2019, Politik Uang Dimungkinkan Makin Marak

Infogunungkidul, WONOSARI, Senin Kliwon - Meski diwarnai wolkout, akhirnya menyangkut pemilu 2019, semua fraksi di DPR RI sepakat memilih sistem proporsional terbuka. Rancangan Undan-Undang Pemilu sudah ketok. Dua tahun lagi, politik uang makin marak. Citra partai politik, bisa makin rusak.

 “Pengalaman saya mengikut pemilu dua kali yakni tahun 1999 dan 2014sistem proporsional terbuka ternyata membuat partisipasi publik lebih besar,” ujar anggota legeslatif DIY, Slamet S.Pd. MM, 24/7/17

Tentu saja, menurut Slamet, sistem tersebut akan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran politik masyarakat. Hanya calon terbaik yang akan terpilih.

Sebagaimana diketahui, dalam sistem proporsional terbuka yang diterapkan selama dua periode pemilihan, mereka yang terpilih menjadi legislator adalah yang menuai suara terbanyak. 

Menurut Slamet, dalam sistem proporsional terbuka yang akan banyak bekerja adalah bakal calon anggota legislatif. Caleg nomor urut 1 sampai 9,  mempunyai kesempatan yang sama. 

Artinya, dalam pemilu nanti, partisipasi publik jauh lebih tinggi karena semua caleg akan melaksanakan sosialisasi ke semua arah dapil dan semua elemen masyarakat,” tandasnya.

Sistem proporsional terbuka, juga akan jauh lebih meriah, karena semua caleg menggunakan berbagai macam strategi dalammelakukan  pendekatapada konstituen.

Dalam sistem terbuka, seorang caleg akan terjun secara leluasaDisamping berkompetisi dengan caleg dari partai lain, mereka juga akan bersaing dengan caleg internal partai memperebutkan suara terbanyak. 

Yang dikhawatirkan, menurut estimasi Slamet  adalah saling jegal sesama caleg internal dan maraknya money politik. Iniberkecenderungan merusak sistem yang dibangun internal parpol.

Agung Sedayu

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE