• Minggu, 21 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Akankah Gono-Gini IPG Dihargai?

Akankah Gono-Gini IPG Dihargai?

Infogunungkidul, WONOSARI, Rabu PahingIkatan Perupa Gunung Kidul (IPG), kembali menggelar pameran seni rupa bertajuk Gono Gini : Memahami Arti Keadilan, Menggugah Kesadaran. Pameran dibuka pada Sabtu malam (22/7), rencananya akan berlangsung selama satu minggu hingga 29 Juli 2017. Bertempat di eks Gedung Pengadilan Agama Wonosari, acara ini dibuka oleh performanceart dan musikalisasi puisi, dihadiri  Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi.

IPG adalah komunitas seniman Gunungkidul yang berdiri sejak beberapa tahun lalu. Sayangnya, hingga saat ini komunitas tersebut belum memiliki ruang pameran sendiri. Karena hal inilah, IPG selalu menggelar pameran di lokasi yang berbeda-beda. Mulai dari pameran di jalanan Kota Wonosari, Perpustakaan, Bangsal Sewoko Projo, eks Gedung Dinas Pariwisata Gunungkidull.

Beberapa perhelatan besar yang pernah dilangsungkan diantaranya Pameran Sehari: Dimana Rumahku?; Lur Nglilir; Adoh Ratu, Cedak Watu; Geger-Geger, Goro-Goro; Ngurug Telo, juga berbagai pameran bersama di berbagai tempat, bekerjasama dengan seniman-seniman kondang seperti Nasirun, Lucia Hartini, serta para seniman dari berbagai daerah lainnya.

“Gono Gini : Memahami Arti Keadilan, Menggugah Kesadaran” menjadi tema yang digagas pada pameran kali ini. Herlan Susanto dan Nanang menjelaskan, bahwa dalam masyarakat Jawa, Konflik atas harta sering disebut dengan harta gono gini. Konflik ini bersifat intern dan harusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Namun jika meluas dan konfilk disebarluaskan secara berkepanjangan bisa menjadi aib,” sumber: gunungkidul.sorot.cokabarhandayani.com

Seperti kita ketahui akhir-akhir ini Gunungkidul bisa dikatakan sarat konflik. Tak perlu disebutkan satu-persatu, berbagai gesekan-gesekan itu kemudian akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan dan perpecahan.

Terlepas dari pesan  yang ingin disampaikan para seniman Gunungkidul ini, ada alasan kuat yang melatar belakangi event besar ini. Yang saya tangkap (sebagai masyarakat awan yang tidak memiliki latar belakang seni sama sekali), ada kemarahan, kritik, sindiran, cinta, dan tentunya juga harapan dari para seniman terhadap negeri batu, Gunungkidul tercinta.

Semua dituangkan dalam karya-karya mereka menjadi sebuah pesan tersirat. Akankah pesan ini tersampaikan seperti harapan mereka dan diapresiasi? Entahlah.

Penulis: Devi Erhma

 

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE