• Sabtu, 20 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Udik-Udik Disebar di Depan Balai Desa

Udik-Udik Disebar di Depan Balai Desa

Infogunungkidul, WNOSARI, Senin Wage – Menyebar udik-udik adalah tradisi kraton yang dimaknai sebagai kemurahan raja kepada kawulo (rakyat). Pada rasulan Desa Kepek, Kecamatan Wonosari udik-udik dilakukan dalam arti yang jauh berbeda.

 

Dihimpun dari berbagai sumber, nyebar Udik-Udik (uang receh bercampur kembang dan beras) merupakan bentuk hadiah raja kepada rakyatnya.

 

Sebagaimana ditulis solopost.com tradisi udik-udik menjadi awal berlangsungnya perayaan Sekaten, dilanjutkan  upacara miyos Gongso atau dikeluarkannya dua gamelan keraton Kanjeng Kyai Gunturmadu dan Kanjeng Kyai Nogowilogo.

 

Kepala Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Bambang Setiawan Budi Santoso menyebar udik-udik, tidak bermaksud menyamai atau meniru tradisi kraton. Dia memetik makna filosofi, sesuai dengan perkembangan jaman.

 

“Sebagai pemimpin, saya diberi kewenangan menghimpun kekuatan swadaya masyarakat dalam bentuk apa pun. Udik-udik adalah lambang kembalinya swadaya. Dari rakyat kembali ke rakyat,” ujar Bambang Setiawan Budi Santoso, pada peneriamaan kirab Gunungan, (5/8).   

 

Secara simbolis, uang receh, beras dan kembang itu diserahkan oleh salah satu dukuh dalam cething (bakul kecil). Begitu diterima, langsung dikembalikan ke masyarakat dengan cara disebar.

 

Swadaya, tutur Bambang Setiawan, asalnya dari rakyat. Dengan alasan apa pun, Pemerintah Desa tidak layak menyimpan berlama-lama.

 

Agung Sedayu

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE