• Kamis, 18 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Fenomena Gerhana Bulan Parsial Malam Ini

Fenomena Gerhana Bulan Parsial Malam Ini

Infogunungkidul, WONOSARI, Senin Wage - Selain Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, rupanya ada satu lagi hari spesial pada bulan Agustus. Pada 8 Agustus malam ini, fenomena alam langka akan terjadi di langit Indonesia, yakni gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Dilansir dari laman BMKG, gerhana ini bisa diamati dari seluruh wilayah Indonesia pada 8 Agustus 2017.

Bagi masyarakat yang bermukim di wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, gerhana bisa disaksikan mulai pukul 00.23 hingga 02.18 WIB. Sementara bagi yang tinggal di zona waktu bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, gerhana diperkirakan akan dapat terlihat pada pukul 01.23 hingga 03.18 Wita. Lalu, bagi masyarakat yang bermukim di kawasan paling timur Indonesia seperti Papua dan Maluku, kejadian langka ini dapat terliahat mulai pukul 02.23 hingga 04.18 WIT.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin seperti dikutip beberapa media nasional mengatakan, gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan.

"Saat itulah purnama memasuki bayangan Bumi," kata Thomas.

Dia menambahkan, sebenarnya gerhana Bulan terjadi setiap tahun. Namun, tidak semua wilayah di dunia bisa menyaksikan fenomena ini.

"Itu tergantung waktu kejadiannya," sebut Thomas.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa melihat fenomena ini?

Dilansir dari infoastronomy, peristiwa gerhana bulan parsial ini cukup aman jika dilihat dengan mata telanjang tanpa perlu alat bantu seperti binokuler atau teleskop.

Syaratnya, tentu saja langit yang cerah saat terjadi gerhana.

Sekadar informasi, gerhana bulan merupakan persitiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tak semuanya sampai ke bulan.

Selain Indonesia, gerhana bulan sebagian ini juga bisa dinikmati di sebagian besar Afrika, Eropa, seluruh Asia, Australia, dan negara-negara di Oceania. 

Gaib Wisnu Prasetya

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE