• Minggu, 21 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Mangsa Kambing di Ladang, Petani Buru Anjing Liar

Mangsa Kambing di Ladang, Petani Buru Anjing Liar

Infogunungkidul, TEPUS, Jumat Pon-Seringnya kawanan anjing liar memangsa ternak kambing membuat warga bergerak memburu keberadaannya. Bermodal senapan angin, warga bahkan rela tidur di ladang demi menjaga kambing yang memang dikandangkan di ladang.

Diungkapkan Budi 45, warga Desa Tepus, Kecamatan Tepus, jika ternak di ladang tidak dijaga, maka kemungkinan dimangsa kawanan anjing liar sangatlah besar.

“Kejadian terakhir terjadi di perbatasan Desa Tepus dengan Sidoharjo. 3 ekor kambing tewas dengan luka bekas gigitan di bagian tubuhnya,” ungkapnya, Jumat, (11/08)

Biasanya, lanjut Budi, kambing yang diduga kuat menjadi mangsa kawanan anjing liar memang dikandangkan di ladang yang jauh dari pemukiman penduduk.

“Karena jauh dari pemukiman itulah tahu-tahu paginya sudah mati. Memang tidak seluruh anggota tubuhnya dimangsa, bahkan ada yang cuma bekas gigitan saja,” lanjutnya.

Terpisah, Kapolsek Tepus, Ajun Komisaris Polisi Yusuf membenarkan adanya warga yang memburu kawanan anjing liar tersebut.

“Sebenarnya ini terjadi hampir di semua wilayah terutama yang dekat dengan pantai seperti Desa Sidoharjo, Tepus dan Purwodadi,” katanya.

Kematian ternak kambing menurut AKP Yusuf diduga kuat dilakukan kawanan anjing liar. Keberadaan kandang ternak petani yang diletakkan di tengah ladang sangat memudahkan hewan buas untuk memangsanya.

“Secara geografis ladangnya berada di gunung yang jauh dari pemukiman penduduk. Otomatis akan mempersulit pengawasan juga,” tambahnya.

Untuk itu Kapolsek Tepus menyarankan agar petani lebih baik membuat kandang ternaknya tak jauh dari tempat tinggal. Dengan kandang ternak dekat dengan pemukiman penduduk, selain memudahkan pengawasan juga mempersempit ruang gerak hewan liar yang hendak memangsanya. Meski demikian, lanjut Yusuf, merubah mindset (red-pola pikir) warga agar mengikuti saran polisi tidaklah mudah. Pasalnya petani berdalih dengan kandang ternak di ladang akan lebih mudah dan dekat dalam mencarikan hijauan makanan ternak. 

Reporter: Agus SW

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE