• Jumat, 19 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Sri Sultan: Pantai Sepanjang Hasilkan Garam Kualitas Terbaik

Sri Sultan: Pantai Sepanjang Hasilkan Garam Kualitas Terbaik

Infogunungkidul, TANJUNGSARI, Minggu Kliwon-Indonesia mengalami krisis garam hingga berimbas ke Provinsi DIY. Fakta ini tentu sangat aneh lantaran Indonesia memiliki matahari, laut, dan garis pantai lebih banyak dibanding sebagian besar negara di dunia. Padahal, kita tahu, hanya dengan menguapkan air laut yang bergantung pada tiga komponen itu, garam bisa dibuat.  

Di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, ada kelompok warga menghasilkan kualitas garam terbaik se DIY. Hal ini sudah diakui bahkan mendapatkan kunjungan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Sabtu, 12/08/2017.

Sri Sultan berharap, produksi garam mampu turut mengentaskan kemiskinan warga pesisir pantai. Untuk itu Pemda DIY siap membantu agar terus bisa memproduksi garam untuk mensuplai kebutuhan di DIY.

“Kalau bisa memproduksi garam terus menerus, tentu akan laku dijual ke pasaran umum hingga menekan angka kemiskinan di DIY. Apalagi ini bisa dilakukan kala tidak bisa melaut,” ungkap Sri Sultan.

Disisi lain Sultan menegaskan, bahwa kualitas garam produksi kelompok produsen garam di Pantai Sepanjang terbaik se DIY. Ke depan, Pemda DIY melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) hendak melakukan pelatihan khususnya kepada petani produsen garam di Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari, Pantai Ngrenehan dan Nguyahan di Kecamatan Saptosari.

“Saya berharap kelak banyak bermunculan petani garam di seluruh pantai. Sehingga bisa memenui kebutuhan garam di DIY dan sekitarnya,” harapnya.

Sementara itu, dalam sesi temu wicara dengan kelompok petani garam Pantai Sepanjang, Gubernur DIY didampingi Bupati Gunungkidul, Hj Badingah S.Sos serta segenap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemda DIY dan Gunungkidul terungkap data bahwa sudah beberapa lama masyarakat memproduksi garam.

“Lahan yang digunakan petani garam ada di tanah SG (red Sultan Ground) sementara ada 1500 meter persegi. Ada 6 petak lahan yang dikelola 3 kelompok masyarakat miskin,” ulas Rakhmadian Wijayanto, S.IP, M.Si, Camat Tanjungsari.

Diuraikan Camat yang baru Jumat kemarin dilantik itu, dari 6 petak lahan berukuran 4 x 6 meter persegi, petani mampu menghasilkan 11 ton garam per tahun.

“Jika cuaca mendukung, hasilnya bisa lebih banyak. Dan produksi garam berpotensi menjadi sumber penghasilan baru warga kami selain nelayan dan sektor pariwisata,” tambahnya.

Untuk itu Rakhmadian berharap Pemda DIY melalui DKP benar-benar serius membina dan menggali potensi petani garam di wilayahnya hingga profesional dan mampu menghasilkan garam terbaik untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Reporter: Gaib Wisnu Prasetya

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE