• Kamis, 18 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Ledek, Memperkaya Keragaman Hiburan Bagi Wisatawan

Ledek, Memperkaya Keragaman Hiburan Bagi Wisatawan

Infogunungkidul, NGLIPAR, Selasa Pon-Upacara Adat Tradisi Nyadran di Dusun Kedungsambi Rt 005/005, Padukuhan Klayar, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, pada Senin (04/09), menggelar ledek atau Tayub. Kesenian digelar di petilasan Eyang Wonopuro, merupakandan rangkaian kegiatan dalam rangka bersih Dusun. Harapan kedepan ledek akan menambah keragaman hiburan bagi para wisatawan.

Upacara adat tradisi nyadran Kedungsambi, merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta merupakan salah satu keyakinan yang dapat menjaga hubungan Sang Pencipta, manusia, dan alam.

Kesenian Tayub merupakan adat tradisi yang tidak bisa ditinggalkan dan sudah turun temurun.

Dari masyarakat umum bahkan perangkat desa antusias mengikuti acara, berjoget diiringi kesenian tayub.

Hadir dalam acara Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, menyambut baik dan sangat mendukung upaya-upaya masyarakat, baik organisasi Pokdarwis maupun pemerintah desa yang ikut berperan dalam mengembangkan budaya dan wisata.

“Dengan menggelar berbagai pertunjukan seni maupun upacara adat seperti ini, kedepan akan semakin menambah keragaman hiburan bagi wisatawan,” kata Badingah.

Oleh karena itu, Badingah berharap, supaya seluruh masyarakat untuk menggali kearifan lokal dan beragaman seni budaya tradisional. Upaya tersebut, disamping sebagai bentuk pelestarian warisan seni dan adat budaya, juga menyuguhkan keanekaragaraman wisata budaya yang tidak kalah menarik dari keindahan alam.

Ia yakin dengan suguhan-suguhan kesenian yang beraneka ragam, para wisatawan akan semakin betah dan berminat kembali berkunjung di Gunungkidul.

“Apalagi kita mampu menyuguhkan produk-produk wisata yang khas, berkualitas dan sangat beragam,” pungkasnya.

Sebelum dilakukan upacara adat tradisi nyadran, masyarakat melakukan kirab budaya dari Balai padukuhan Klayar menuju ke tempat petilasan Eyang Wonopura sebagai pusat upacara adat nyadran.

Selain Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S.Sos, hadir pula Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Kamtono, dan Muspika Kecamatan Nglipar.  

Reporter: W. Joko Narendro.

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE