• Jumat, 19 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Narkoba HIV AIDS Mengancam, Binmas Gelar Penyuluhan

Narkoba HIV AIDS Mengancam, Binmas Gelar Penyuluhan

Infogunungkidul, PALIYAN, Rabu Pahing--Serbuan narkotika, obat-obatan terlarang dan zat adiktif berbahaya (NAPZA) mengancam sendi-sendi kehidupan generasi muda penerus perjuangan bangsa. Disisi lain, pergaulan bebas juga menyebabkan penularan virus HIV (Humman Immunodeviciency Virus) AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) tak kalah berbahaya dibandingkan narkoba.

Untuk mencegah penyebaran dan penyalahgunaan narkoba jajaran Polsek Paliyan mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan HIV AIDS dengan cara menyasar ke sekolah-sekolah. Seperti yang dilakukan pada Selasa, (03/10) di MTs Muhammadiyah Sodo, Kecamatan Paliyan.

Diungkapkan Kapolsek Paliyan, AKP Catur Widodo, serbuan narkoba menyasar ke seluruh lapisan masyarakat. Jika sudah kecanduan, maka sulit untuk lepas dari ketergantungan. Resiko lebih buruk adalah hancurnya generasi muda dan harus berhadapan dengan aparat penegak hukum.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka jangan sampai peredaran narkoba itu menyasar ke pedesaan, kita adakan penyuluhan intensif agar generasi muda kita tahu apa itu narkoba, apa itu HIV/AIDS. Jika sudah paham, maka kemungkinan terjerat bisa diantisipasi sejak dini," ungkap AKP Catur.

Seluruh sekolah di wilayah Paliyan, sambung Catur, satu persatu didatangi untuk diadakan penyuluhan penanggulangan narkoba dan HIV/AIDS. Penyuluhan di MTS Muhammadiyah Sodo dipimpin langsung oleh Kanit Binmas Polsek Paliyan, IPDA Suranto SH berserta dua polisi wanita cantik,Bripda Nur Aini dan Bripda Erna Sanjaya.

Dihadapan para siswa dan guru di Mts Muhammadiyah Sodo,  IPDA Suranto menjelaskan, narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya jika dikonsumsi manusia.

"Semua istilah ini, baik narkoba ataupun napza, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Jangan sekali-kali kalian bersentuhan dengan zat ini, sebab jika kecanduan bisa mengakibatkan kematian," terangnya. 

Menurut pakar kesehatan,lanjut Suranto,  narkoba sebenarnya adalah senyawa psikotropika yang biasa dipakai dalam dunia medis untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyembuhan penyakit tertentu. Jenis dan macamnya beraneka ragam dan semuanya berbahaya bagi manusia. Kemudian satu per satu Suranto membeberkan jenis-jenis narkoba dan efek sampingnya kepada para siswa.

Sedangkan HIV, terang Suranto adalah virus yang menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh manusia, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Sel-sel darah putih yang dimiliki akan memakan sel darah merah. Tanpa pengobatan, seorang dengan HIV/AIDS hanya bisa bertahan hidup selama 9 sampai 11 tahun setelah terinfeksi. Virus HIV/AIDS sangat mematikan lantaran belum ditemukan obat penangkalnya. 

"Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan kekurangan sistem imunitas. Penyaluran virus HIV bisa melalui transfusi darah, cairan vagina, ASI, melalui hubungan seks yang tidak aman dan sering bergonta ganti pasangan. Maka jangan sampai siswa terjerat pergaulan bebas yang beresiko tertular virus ini, "papar Suranto. 

Pada kenyataannya hingga saat ini penyebaran penyalahgunaan narkoba hampir tidak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Begitu juga dengan virus HIV, banyak yang telah menjadi korban penyakit yang satu ini.

"Hal ini tentu akan membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir. Generasi muda terancam hancur akibat narkoba dan HIV/AIDS ini," tambahnya. 

Upaya pemberantasan narkoba sudah sering dilakukan, langkah untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja, dewasa bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun juga telah dilakukan.Fakta di lapangan, diketahui saat ini banyak anak-anak usia SD, SMP sudah banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

"Paling efektif menangkalnya adalah harmonisnya hubungan keluarga, antara anak dan orangtua, lembaga pendidikan dan lingkungan pergaulan yang sehat berjalan seiring sejalan, " jelasnya.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan semacam ini, diharapkan para generasi muda dapat mengerti dan memahami apa itu narkoba,  apa itu HIV, bahaya apa yang berdampak dari narkoba maupun HIV, dan bagaimana kita mencegahnya. 

Reporter : W Joko Narendro

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE