• Kamis, 18 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Bukaan Cupu Panjolo Diawali Kenduri Agung Dan Doa Keselamatan

Bukaan Cupu Panjolo Diawali Kenduri Agung Dan Doa Keselamatan

Infogunungkidul, PANGGANG, Selasa Kliwon--Setelah menanti sekian jam ribuan pengunjung yang memadati kediaman Dwijo Sumarto akhirnya bisa menyaksikan secara langsung prosesi pembukaan Cupu Panjolo. Ritual adat budaya yang telah berlangsung turun temurun tersebut diawali dengan kenduri agung dan pembacaan doa keselamatan.

Tepat pukul 01.42 wib dengan dipimpin langsung oleh juru kunci Cupu Panjolo, Dwijo Sumarto dan di dampingi para abdi dalem Keraton Ngayogjokarto Hadi Ningrat lembar demi lembar kain pembungkus Cupu Panjolo dibuka satu persatu. 
 
Selama prosesi pembukaan cupu, para pengunjung yang berkesempatan masuk di aula pendopo diberikan larangan keras agar bagi kaum pria berhenti sejenak tidak merokok di dalam ruangan, serta bagi kaum wanita hanya diperbolehkan melihat prosesi pembukaan cupu dari luar ruangan pendopo utama. 
"Murih rancak soho pajaring suasono keparengo sedoyo poro tamu mangestoni dawuh ingkang sampun dipun biwarakaken pambowo acoro," demikian yang disampaikan pembawa acara dengan bahasa Jawa kromo inggil sesaat sebelum Cupu Panjolo mulai di buka.
Antusias para pengunjung yang begitu tinggi tidak mengindahkan betapa penuh sesak suasana di aula pendopo tempat berlangsungnya pembukaan cupu. 
 
Para pengunjung rela berjubel duduk bersila dengan sangat rapat. Bahkan untuk para pengunjung yang berada diluar aula pendopo rela duduk beralaskan seadanya dengan kondisi tanah yang becek karena terguyur hujan. 
 
Meskipun sempat turun hujan saat pembukaan Cupu Panjolo pada pukul 02.35 wib, hal itu tidak menyurutkan semangat para pengunjung yang hadir. 
 
Sekitar pukul 03.00 dini hari prosesi ritual budaya adat pembukaan Cupu Panjolo berakhir. 
 
Reporter: Agus SW
 

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE