• Minggu, 21 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

BPD TIDAK BISA MENJATUHKAN KEPALA DESA

BPD TIDAK BISA MENJATUHKAN KEPALA DESA

Infogunungkidul, NGLIPAR, Sabtu Wage–Menyimak trend demonstrasi masyarakat desa menuntut transparansi kepada Pemerintah desa akhir akhir ini perlu di apresiasi. Sejatinya, sepanjang BPD bisa ambil peran maksimal dalam tata pemerintahan desa demo tidak harus terjadi. Lebih dari itu, berdasarkan UU Desa BPD tidak bisa menjatuhkan Kepala Desa.

Wilayah yang Kepala Desa dan BPD bisa bersinergi, kondisi desa relatif kondusif tak ada gejolak. Begitu pula berlaku hukum sebaiknya, BPD yang tidak sevisi dan semissi, warganya pasti bergejolak. 

Di dalam penjelasan umum poin 5 UU Desa tentang Kelembagaan Desa antara lain dikatakan, bahwa UU ini mengatur mengenai kelembagaan desa/ desa adat.

Pemerintahan desa/ desa adat terdiri atas pemerintah desa/ desa adat dan BPD/ desa adat, lembaga kemasyarakatan desa, dan lembaga adat.

Dalam konteks pemerinthan dilihat dari sisi kedudukan, Kepala Desa dengan BPD memiliki kedudukan yang sama. Keduanya sama-sama merupakan kelembagaan desa, sejajar dengan lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat.

Kedudukan Kepala Desa dan BPD dalam UU ini pun tidak dibagi atau dipisah secara hierarkis. Ini artinya, keduanya memang memiliki kedudukan yang sama, dengan fungsi yang berbeda.

Dalam penjelasan umum lebih lanjut dikatakan, bahwa kepala desa/ desa adat atau yang disebut dengan nama lain mempunyai peran penting dalam kedudukannya sebagai kepanjangan tangan negara, dekat dengan masyarakat, dan sebagai pemimpin masyarakat.

BPD mempunyai fungsi penting dalam menyiapkan kebijakan pemerintahan desa bersama kepala desa. BPD harus mempunyai visi dan misi yang sama dengan kepala desa.

Ini artinya, BPD tidak dapat menjatuhkan kepala desa yang secara demokratis dipilih oleh masyarakat.

Penulis: Slamet, S.Pd. MM,

              Anggota Komisi A DPRD DIY dari Fraksi Partai Golkar

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE