• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Ulat Kampung Lintas Kecamatan Digulung Polisi

Ulat Kampung Lintas Kecamatan Digulung Polisi

Infogunungkidul, WONOSARI, Jumat Pon-Tiga orang pelaku kasus pencurian dengan pemberatan diamankan aparat kepolisian Polres Gunungkidul. Setelah diusut, mereka beraksi di 3 kecamatan dan 2 orang diantaranya diketahui masih dibawah umur.

Menurut Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhamad Arif Sugiharto, S.IK, MPP, awal terungkapnya kasus ini bermula dari tertangkapnya salah satu pelaku berinisial WS 18, saat hendak beraksi di rumah Wagino, warga Padukuhan Tahunan, Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan tanggal 21 November 2017 lalu. 

“Pemilik rumah curiga saat mendapati jendela rumah terbuka. Saat diperiksa ditemukanlah WS ini ngumpet. Akhirnya ditangkap dan diserahkan ke Polsek Paliyan,” terang M Arif saat Pers Release di Mapolres Gunungkidul.

Setelah dilakukan pengembangan, polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku lain yakni FK 17 dan JS 16.  WS dan FK merupakan warga Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, sedangkan JS 16 merupakan warga Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Usut punya usut, FK adalah otak di balik serangkaian aksi pencurian di 14 TKP yang tersebar di Kecamatan Playen, Paliyan dan Wonosari.

“FK ini justru otak di balik kejahatan ini, dialah yang mengajak WS. Dia pula yang menjual hasil kejahatannya. Dan khusus untuk JS, dia turut serta beraksi di 3 TKP sebagai joki motor,” lanjutnya.

Dalam beraksi, ketiganya tidak pandang bulu, Mulai dari rumah kosong, kantin sekolah yang sepi hingga rumah warga yang kurang pengamanan semua dimasuki. Modus operandinya, congkel jendela, masuk ruangan, ambil semua yang ada dan langsung kabur.

"Mereka bisa disebut penjahat karir, karena mereka tidak memiliki pekerjaan lain selain mencuri. Mereka menjadikan tindakan kejahatan curat ini sebagai mata pencaharian untuk memperoleh uang, " tambah Kapolres. 

M Arif menambahkan, ketiga pelaku curat diketahui anak dari keluarga broken home. Ketiganya sudah  putus sekolah. Karena FK dan JS masih tergolong anak dibawah umur, maka penanganan keduanya akan disesuaikan dengan Undang-Undang Perlindungan Anak.

"Ketiga tersangka terancam pasal 363 ayat 1 jo pasal 53 KUPH dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun penjara. Kasus ini saat ini masih dalam tahap pengembangan Opsnal Sat Reskrim Polres Gunungkidul, "pungkasnya. 

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan beberapa bukti kejahatan berupa handphone, notebook, sepatu, kaos, pisau, sepeda gunung dan 2 unit sepeda motor sebagai sarana untuk melakukan kejahatan.

Reporter: Gaib WP


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE