• Jumat, 19 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

PMMD Upaya Pemerintah Kembangkan Potensi Intelektual dan Ketrampilan Pemuda

PMMD Upaya Pemerintah Kembangkan Potensi Intelektual dan Ketrampilan Pemuda

Infogunungkidul, WONOSARI, Sabtu Wage--Program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berbasis kepemudaan diluncurkan.  Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) demikian nama program tersebut.

PMMD bertujuan mewujudkan amanat revolusi mental bagi kalangan pemuda untuk menciptakan kemandirian ekonomi dan memiliki daya saing bangsa yang tangguh. Maka PMMD membidik pemuda sebagai motor penggeraknya. Uniknya, para pemuda diharapkan mampu menggarap potensi perdesaan sebagai basis kemandirian di segala lini.

Dikatakan Wulan Wiyat Wuri, panitia pelaksana PMMD untuk Kecamatan Wonosari dan Playen dilaksanakan serangkaian kegiatan diantaranya dialog budaya, membatik, pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan hingga aksi sosial membangun desa.

Kegiatan PMMD disentralkan di 4 desa yakni Wonosari, Wunung, Kepek, Kecamatan Wonosari dan Desa Bandung untuk Kecamatan Playen.

“PMMD ini telah menerjunkan 1.500 pemuda dan sarjana olahraga untuk melaksanakan kegiatan kepemudaan di desa masing-masing. Provinsi DIY-Jateng sendiri mendapatkan jatah sekitar 300 pemuda dan sarjana olahraga, termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Gunungkidul," terang Wulan Wiyat Wuri.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan hari ini, Sabtu (25/11) di Balai Desa Wonosari adalah dialog budaya dan kegiatan membatik, yang menyasar pada perwakilan pemuda dengan target 70 orang peserta. 

"Pada kegiatan ini peserta kita berikan pengetahuan mengenai filosofi batik dan langsung melakukan praktek membatik," ungkap Guntur Susilo, narasumber sekaligus owner Rumah Batik Gendhies.

Dikatakannya, kegiatan PMMD ini bernuansa muatan lokal yang tujuannya untuk membangkitkan minat pemuda dalam bidang pelestarian budaya lokal,

"Oleh karena itu diadakan dialog budaya dan pelatihan membatik untuk pemuda," lanjutnya.

Lebih jauh Guntur mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi Desa Wonosari untuk menjadi salah satu desa budaya di Gunungkidul. Guntur memberikan pengetahuan dasar kepada para pemuda mengenai budaya Indonesia khususnya batik.

“Sebab batik telah dinobatkan menjadi warisan dunia, diharapkan para pemuda untuk lebih giat lagi dalam melaksanakan kegiatan membatik yang bertujuan untuk pelestarian budaya lokal,” sambungnya.

Selain kegiatan dialog dan membatik, sebelumnya rangkaian kegiatan PMMD diawali dengan pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan, yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 November 2017 lalu di Balai Desa Bandung, Playen

Rangkaian acara PMMD sendiri dilaksanakan selama dua bulan, November-Desember 2017, untuk memantik para pemuda desa agar lebih aktif dalam kegiatan kepemudaan yang positif dalam rangka membangun kapasitas pemuda dalam berkontribusi lebih baik bagi pembangunan desa masing-masing. 

Pelatihan Kewirausahaan, akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2017 di Balai Desa Wunung, Wonosari.

Kemudian Minggu Pagi, 03 Desember 2017 akan melakukan olahraga bersama dan Bincang Sehat,  akan dilaksanakan di Balai Desa Kepek, Wonosari.

Kegiatan yang tidak kalah penting bahkan utama yaitu aksi sosial membangun desa (Gunungkidul Youth in Action), dilaksanakan selama November-Desember 2017.

Kegiatannya sesuai dengan project sosial yang dirancang oleh peserta sebagai hasil dari Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan 19 November 2017 lalu.

Reporter: W. Joko Narendro.

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE