• Minggu, 21 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

CARA PANDANG BARU MELIHAT DAN MEMBABAT KORUPSI

CARA PANDANG BARU MELIHAT DAN MEMBABAT KORUPSI

Infogunungkidul, Selasa Legi, - Korupsi di Indonesia, selama ini dipandang hanya sebagai persoalan hukum. Sementara di dalamnya ada persoalan karakter (moral) tetapi tidak disentuh.

Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menurut Ketua KPK, Agus Raharjo, dinilai ketinggalan jaman. UU Tipikor saat ini, kata Agus, masih banyak kekurangan, karena belum menyentuh sektor swasta. Seperti dikutip kompas.com (11/12)

UU Tipikordalam tanda kutip masih tergolong kuno. Karena hanya menyentuh keuangan negara," ujar Agus.

Menurutnya, obyek korupsi yang ditangani  lembaga antirasuah perlu diperluas. Dengan demikian, kata dia, KPK tak hanya menangani korupsi yang merugikan negara, tetapi juga menangani korupsi di sektor swasta.

Kalau perluasan itu terwujud, maka tingkah laku bangsa ini memiliki koridor jelas, ada hal yanboleh dan ada hal yang tidak boleh dilakukan.

Dia  bercerita, di Singapura seorang guru menerima sesuatu dari muridnya tergolong perbuatan yang tidak boleh dilakukan. Kalau di Indonesiamenurut Agus masih sering terjadi hal seperti itu. Menurut dia, karakter dan tingkah laku (moral) harus diatur di dalam UU.

Ini cara pandang baru dalam melihat dan membabat korupsi di Indonesia. Persoalan serius yang dihadapi, para ahli hukum pasti beda pandangan, bahkan  tidak rela manakala hukum dicampuraduk dengan moral.

Gagasan Agus Raharjo diakui bagus, sekaligus cemerlang. Satu catatan khusus, meski memperoleh sokongan penuh dari rakyat,  pasti tidak akan mendapat dukungan dari elit politik pembuat UU.

Penulis: Bambang Wahyu Widayadi_ig

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE