• Sabtu, 20 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Tikus Mengamuk, Belasan Hektar Lahan Pertanian Jadi Korban

Tikus Mengamuk, Belasan Hektar Lahan Pertanian Jadi Korban

Infogunungkidul, PANGGANG, Rabu Pahing, — Bermacam komoditas tanaman pertanian di wilayah Kecamatan Panggang diserang tikus. Hal ini cukup meresahkan para petani, tanaman yang sudah mulai berbuah menjadi rusak dimakan tikus hingga mengancam gagal panen. 

Tikus menyerang tanaman palawija milik warga di ladang maupun yang ditanam di kebun kayu putih milik Dinas Kehutanan seluas kurang lebih 36 Ha. Selain itu tanaman di tanah pelungguh, tanah kas Desa maupun pribadi juga menjadi sasaran hewan pengerat ini.  

Menurut Kapolsek Panggang AKP Tri Wibowo, SH, Alas Mbenggolo, Padukuhan Panggang l, Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang adalah kawasan yang mengalami amukan hama tikus.

"Tikus-tikus itu memangsa tanaman palawija berupa jagung, ketela, ubi dan lain sebagainya. Hal ini sangat merugikan para petani,"ucapnya Selasa, (12/12).

Disisi lain Tri Wibowo menjelaskan, amukan tikus itu tak hanya terjadi sehari dua hari, namun sudah berlangsung agak lama. Pesatnya populasi tikus di lahan pertanian membuat luasan areal yang diserang kian hari semakin bertambah.

"Setelah kami amati,tikus memang sudah beberapa bulan memangsa tanaman dan hasil pertanian, sehingga dampaknya telah meluas,"tambahnya. 

Dengan adanya laporan ke pemerintah, Polsek Panggang bersama BPP (Balai Pertanian dan Perkebunan) Panggang bergerak untuk membasmi amukan ini. Aparat Polsek bersama BPP membagikan obat pembasmi tikus berupa Rodentisitas Petrokum RMB kepada petani. Harapannya dengan obat pembasmi hama ini, ribuan tikus yang selama ini mengamuk di lahan pertanian bisa dibasmi.

Reporter: W Joko Narendro_ig

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE