• Sabtu, 20 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Benarkah Ada Misteri Dibalik Pesona Pantai Baron

Benarkah Ada Misteri Dibalik Pesona Pantai Baron

Infogunungkidul, TANJUNGSARI, Kamis Pahing, - Panorama pantai Baron mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun manca negara. Tak pernah sepi pengunjung, baik saat masa liburan, maupun hari-hari biasa. Dibalik pesona pantai,  sebagian masyarakat masih mempercayai misteri pantai Baron, atau pantai selatan pada umumnya.

 

 
Pantai yang berada di zona selatan secara administratif masuk wilayah Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Selain dikenal dengan keindahan alamnya, oleh masyarakat setempat diyakini sebagai pantai yang menyimpan beragam misteri, berkaitan dengan mitos penguasa laut selatan Kanjeng Ratu Kidul. Hal ini dikaitkan dengan sering terjadinya kecelakaan laut yang menelan korban.
 
 
Terakhir yang terjadi pada (26/12) lalu, seorang siswa SMP Negeri 2 Paliyan, Ilham Desta Andriyanto (15), dikabarkan hanyut, dan raib ditelan ombak pantai Baron. Sampai berita ini di unggah jasad korban belum diketemukan.
 
 
Sebagai bentuk pengamanan, pihak pengelola pantai Baron sudah melakukan langkah antisipasi dengan memberi tanda pada zona bahaya, dan juga peringatan kepada pengunjung agar tidak berada pada zona terlarang.
 
 
Meskipun upaya pengamanan, dan penyelamatan bagi pengunjung sudah dilakukan, namun masih saja pantai Baron seringkali meminta korban.
 
 
Anggapan kalau korban pantai Baron berkaitan dengan cerita mistis Ratu Laut Selatan, beberapa kalangan menepis anggapan itu. Mereka meyakini, bahwa kejadian korban tenggelam adalah murni kecelakaan.
 
 
Namun tidak sedikit juga yang mempercayai bahwa antai Baron, khususnya sepanjang pantai selatan banyak misteri yang menyelimutinya.
 
 
Masyarakat luas mempercayai hal ini dari sebelum jaman kerajaan Mataram, bahwa pantai selatan tidak bisa terpisahkan dengan cerita legenda Gusti Kanjeng Ratu Kidul, sehingga kalau ada kejadian tenggelamnya kapal, atau korban jiwa manusia, masyarakat sekitarnya menyakini ada ikut campur dari Kanjeng Ratu Kidul.
 
 
Mereka yang percaya melakukan ritual-ritual sebagai sarana berdoa, supaya korban yang hilang segera ditemukan.
 
 
Seperti halnya yang dilakukan oleh keluarga Ilham Desta Andriyanto, mereka menurut kabar melakukan doa bersama, supaya siswa SMPN II Paliyan ini segera ditemukan.
 
 
Keangkeran sepanjang pantai laut selatan diakui sesepuh dari Saptosari, Mardi Wijaya. Sesepuh yang sudah puluhan tahun akrab  dengan laut selatan ini mengatakan bahwa yang mempercayai adanya Gusti Kanjeng Ratu Kidul tidak hanya jawa Tengah, atau DIY.
 
 
"Daerah Jawa Barat, ada Pelabuhan Ratu, kalau Jogja ada Parangkusumo, tempat-tempat itu yang disakralkan," tuturnya, Kamis, (28/12).
 
 
Tetapi tidak hanya tempat itu, tambahnya, sepanjang pantai laut Selatan pasti ada kekuatan diluar nalar akal manusia, yang ada hubungannya dengan Ibu Ratu.
 
 
"Termasuk pantai Baron," tutupnya.
 
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig
 

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE