• Sabtu, 20 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Sehati Dalam Keprihatinan, IKS Bangkitkan Semin Pasca Bencana

Sehati Dalam Keprihatinan, IKS Bangkitkan Semin Pasca Bencana

Infogunungkidul, SEMIN, Jumat Pon, - Dampak siklon tropis Cempaka akhir November 2017, membuat warga Kecamatan Semin berduka. Sungai Roso, Gobeh, Tahunan, Pangkah, dan Rejosari meluap hingga mengakibatkan rumah dan lahan pertanian disekitarnya rusak terendam banjir. Hal ini menimbulkan kerugian tidak sedikit bagi warga yang tinggal di Semin.

 

Ikatan Keluarga Semin (IKS) yang menjadi kepanjangan tangan Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) di perantauan bergerak. Di Jakarta, tak kurang dari 30.000 anggota IKS/Korcam IKG Semin menggalang dana untuk menyelamatkan sanak saudara di kampung halaman.

 

Menurut Aris Suprobo, Bendahara IKG sekaligus pembina IKS, dana yang dihimpun kemudian disalurkan kepada warga yang tertimpa musibah. Tak sekedar itu, IKS bergotong royong dengan warga untuk bedah rumah warga yang tak layak huni.

 

“Totalnya ada Rp 124 juta yang disalurkan langsung dalam beberapa tahap dan menyasar beberapa desa yang terdampak paling parah,” ungkapnya.

 

Dana sebanyak itu, sambung Sulardi, Ketua IKS disalurkan ke Karangsari, Kemejing, Rejosari, Bendung, Semin, Bulurejo, Sumberjo, Pundungsari hingga Karangsari. Sebab di desa-desa tersebut mendapatkan dampak terparah akibat banjir bandang.

 

“Wujud bantuannya banyak, ada uang tunai namun ada pula yang kita berikan dalam bentuk genset dan bermacam peralatan lain. Kita di IKS atau Korcam IKG Semin harus sehati dalam keprihatinan,” kata Sulardi.

 

Letak geografis Semin yang berbukit-bukit membuat dampak bencana di wilayah tersebut sangat terasa. Jalan putus lantaran tertutup longsor hingga listrik padam lantaran jaringannya rusak tertimpa pohon membuat beberapa dusun bak hidup di zaman purbakala. Genset yang dikirimkan IKS sangat berguna untuk membantu warga yang mendadak terasing dari kehidupan luar.

 

“Setelah dipetakan, beberapa genset kita kirim ke dusun-dusun yang ada di atas bukit agar tak gelap gulita. Setelah itu rumah-rumah yang rusak kita subsidi dana, lantas bergotong royong untuk membangun kembali rumahnya,” tambah Aris Suprobo.

 

Untuk menjamin agar bantuan yang disampaikan benar-benar tepat sasaran, IKS membentuk koordinator di masing-masing desa yang ada di Semin. Transparansi dikedepankan dengan menggandeng perangkat desa, babinsa dan bhabinkamtibmas dalam setiap penyerahan bantuan ataupun bakti sosial.

 

Gaib Wisnu Prasetya_ig

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE