• Kamis, 18 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Air Limbah Tidak Bisa Dibuang Sembarangan

Air Limbah Tidak Bisa Dibuang Sembarangan

Infogunungkidul, WONOSARI, Kamis Wage, -Air limbah yang sumbernya dari rumah tangga maupun pabrik tidak bisa dibuang sembarangan. Pasalnya walaupun air limbah bisa meresap kedalam tanah namun dalam jangka waktu yang lama akan merusak lingkungan, sehingga menyebabkan terjadinya pencernaan lingkungan.

 
Hal ini disampaikan Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos yang diwakili Assek II, Ir. Azman Latif, dalam acara peresmian dan serahterima Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPALD) di Balai Dusun Selang I, Desa Selang Kecamatan Wonosari, Kamis, (04/01).
 
 
Dalam sambutan Bupati, yang dibacakannya Azman Latif, dengan bantuan Sanitasi Masyarakat (Sanimas) yang dikelola oleh kelompok masyarakat Padukuhan Selang I, adalah salah satu upaya untuk pencegahan masyarakat membuang air limbah disembarang yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat.
 
 
Dalam kesempatan itu bupati mengapresiasi atas kemauan warga Padukuhan Selang I, dalam membangun IPALD, 
dalam mengelola limbah rumah tangga, untuk mencegah pencemaran air tanah, dan masalah kesehatan lainnya.
Ia mengharapkan program sanimas dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sanitasi dan praktek hidup bersih dan sehat.
 
 
Seperti diketahui bersama, lanjutnya, semakin padatnya penduduk, dan banyaknya bangunan, apabila masing-masing rumah tangga membuat tempat pembuangan air limbah, WC atau sumur, maka tidak baik untuk kesehatan bagi pengguna air sumur tersebut, ditambah lagi letaknya terlalu berdekatan misalnya.
 
 
"Oleh karena itu IPALD bisa dijadikan solusi bersama dalam mengatasi permasalah ini," ujar Azman Latif.
 
 
Terakhir Ia berpesan, fasilitas yang sudah dibangun bisa dijaga dan dirawat oleh kelompok masyarakat yang sudah terbentuk.
 
Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Ir. Azman Latif, yang didampingi perwakilan dari Dinas PUPR DIY, dan Dinas PUPR Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kesehatan serta Kepala Desa selang.
 
 
Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Sejahtera, di Dusun Selang I, mendapat bantuan sebesar Rp. 400 juta untuk membuat IPALD Pemukiman dan Perpipaan dari Kementerian PUPR lewat Dinas PUPR DIY dan Kabupaten Gunungkidul.
Bantuan ini diberikan dengan alasan Desa Selang masuk salah satu desa di Wonosari yang kategori daerah kumuh.
 
 
Reporter: Joko Narendro, ig.
 

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE