• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
PILEG 2019, PARPOL LAMA DAN BARU AKAN SALING GEROGOTI

PILEG 2019, PARPOL LAMA DAN BARU AKAN SALING GEROGOTI

Infogunungkidul, WONOSARI, Senin Pon, - Kemungkinan besar pembagian daerah pemilihan (Dapil), Pileg 2019 tidak berubah. Kabupaten Gunungkidul masih tetap dibagi menjadi dapil 1 hingga 5. Sementara partai politik peserta pemilu bertambah. Rebutan kursi DPRD Gunungkidul, dipastikan bakal seru. Parpol lama mana yang saling gerogoti, menarik untuk disimak.

 

Parpol seperti PDIP, Golkar, PAN, Gerindra PKS, Demokrat PKAB serta Nasdem pasti bertekad ingin menambah jumlah perolehan kursi.

 

Dari sisi yang berbeda, mereka menyimpan kekhawatiran. Pada pileg 2019 kursi yang saat ini direbut, sangat boleh jadi berkurang karena kompetisi antar parpol lama, atau dengan parpol pendatang baru seperti Perindo.

 

PDIP memiliki lumbung suara di Dapil 1 – Kecamatan Wonosari, Semanu, serta Playen. Tokoh yang mampu merebut suara di Dapil 1 adalah Suharno, SE, Demas Kursiswanto, Drs. Sugito dan Agus Joko Kriswanto.

 

Di berbagai kesempatan Suharno yang kini menduduki jabatan Ketua DPRD Gunungkidul menyatakan tekad, ingin mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Propinsi.

 

Tekad Suharno secara tidak langsung memaksa Endah Subekti Kuntariningsih selaku Ketua DPC PDIP Gunungkidul, pada pileg 2019 untuk berfikir ekstra keras. Sekuang-kurangnya, Endah harus mencari tokoh pengganti yang konstituennnya setara dengan Suharno, supaya tidak kehilangan kursi. Salah memasang tokoh, kursi PDIP terancam.

 

Rival berat PDIP di Dapil 1 adalah Golkar, sepanjang H. Sugiyarto selaku Ketua DPD Gunungkidul jeli dalam memasang tokoh pada pertarungan Pileg 2019. Rencana hengkanyanya Suharno ke propinsi merupakan peluang bagi Golkar untuk menambah kursi menjadi 3 di Dapil 1.

 

Untuk Dapil 3 Ponjong, Karangmojo, Semin - PDIP tidak bisa menganggap enteng Partai Gerindra. Mereka imbang, sama-sama memperoleh dua kursi. PDIP ada Endah sebelum diganti Suharjo dan Untung Ardiyanto. Gerindra ada Purwanto, ST serta Soenardi SH.

 

Untuk bertahan atau berambah, Endah Subekti Kuntariningsih harus bertarung ulang. Dapil 3 kursi Gerindra kemungkinan bisa hilang 1, karena Purwanto, ST berencana maju ke DPRD Propinsi. Nada-nadanya, Ngadiyono, SE selaku Ketua DPC Gerindra agak kesulitan mencari tokoh yang setara dengan Purwanto.

 

Pertarugan di dapil 3 bakal seru karena wajah lama muncul dengan baju baru. Agung Nugroho (Agung Jagal), tahun 2019 terjun mengendarai Partai Perindo.

 

Dalam pertarungan di 2019, ada  kemungkinan Agung mengumpulkan kekuatan lama. Tahun 2009 dia pernah melenggang bersama Gerindra, yang kemudian terjadi pergantian atar waktu.

 

PDIP ada kemungkinan bertahan di Dapil 4. Di  area ini Endah memiliki tokoh Tejo Ariwibowo serta Endang Sri Sumartini. Sepanjang 5 tahun mereka mengembangkan ikatan emosional dengan konstituen, sulit untuk digoyang.

 

Kesimpulan sementara, partai apa kehilangan berapa pada pertarungan pileg 2019, tergantung pada kejelian Ketua DPC dalam hal memasang kader di arena kompetisi.

 

Bambang Wahyu Widayadi


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE