GEDANGSARI, Selasa Wage-Diberi nama "Si Nyonya", Panen buah Srikaya di Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Geda" /> -->
  • Sabtu, 17 Februari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Hasil Panen Makin Menurun, Si Nyonya Minta Diremajakan

Hasil Panen Makin Menurun, Si Nyonya Minta Diremajakan

Infogunungkidul, 

GEDANGSARI, Selasa Wage-Diberi nama "Si Nyonya", Panen buah Srikaya di Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Senin, (12/02). Terungkap, setiap tahun hasil panen menurun, warga minta peremajaan. Pasca panen, buah tidak tahan lama dan mudah busuk belum ada solusinya.

 
Dalam panen raya buah "Si Nyonya" ketua kelompok tani Guyangan Lor, Mujiono mengungkapkan bahwa puncak panen terjadi pada tahun 2015. Setiap KK bisa menikmati hasil Rp.30 juta bahkan ada yang mencapai Rp 50 juta sekali panen.
 
Namun semenjak tahun itu, menurutnya, panenan buah srikaya selalu menurun, hingga saat ini setiap KK rata-rata hanya mendapatkan hasil Rp.11 juta.
 
Dikatakannya, ada dua faktor penyebab menurunnya hasil panen. Diantaranya pada saat musim kemarau panjang pohon srikaya banyak yang mati, sehingga mengurangi jumlah batang pohon srikaya per KK. Kemudian pohon sudah terlalu tua, sehingga mengurangi hasil buah yang didapatkan dari setiap pohonya.
 
Oleh karenanya, kelompok penanam buah Srikaya seluas 18 hektar ini meminta supaya pemerintah dalam hal ini dinas terkait bisa memberikan solusi mengatasi dua faktor permasalahan tersebut. Diantaranya membantu meremajakan pohon srikaya dan membantu dalam hal penyediaan air.
 
Namun demikian, sambung Mujiono, yang tidak kalah pentingnya adalah mengatasi pasca panen. Karena pada saat panen berlimpah, sedangkan buah Si Nyonya ini tidak tahan lama dan mudah busuk, menyebabkan buah terbuang sia-sia. Sampai saat ini belum ada solusi. 
 
"Saya minta pelatihan membuat makanan olahan dari buah srikaya supaya buah itu bisa diolah menjadi makanan yang tahan lama," pintanya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Drs. H. Immawan Wahyudi, SH, MH, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Bambang Wisnu Broto, menyampaikan bahwa buah Srikaya tidak kalah dengan buah durian. Bahkan kelebihan buah srikaya tidak menimbulkan efek penyakit asam urat.
 
Dikatakan Immawan, kalau harga satu kilo Rp. 15.000,- ini bukan tambahan penghasilan lagi bagi petani, pendapatan yang luar biasa.
 
 

Immawan: Kalau petani konsisten, ini merupakan salah satu produk pertanian yang sangat menjajikan.

 

Terkait keluhan kelompok penanam srikaya, pemerintah akan mencari solusi bagaimana tercukupi ketersediaan airnya supaya setiap tahun bisa panen terus. Termasuk bekerja sama dengan LIPI, bagaimana mengolah makanan olahan dari buah Srikaya.
 
Panen raya buah Srikaya merupakan rangkaian safari panen raya yang dilakukan wakil bupati bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul. Dalam satu hari memanen padi pada 4 lokasi dan 1 lokasi buah srikaya, di Kecamatan Gedangsari.
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy. Perawatan Ulterapy : Mengencangkan wajah, tiruskan pipi, menghilangkan kantong mata tanpa operasi. Tersedia healthy juice untuk penyumbatan penyempitan pembuluh jantung, asam urat, normalkan tensi, gula darah, turunkan kolesterol dan gagal ginjal.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE