• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Jerami: Pemerintah Hanya Menawarkan Bekerja Keluar Negeri dan Perusahaan

Jerami: Pemerintah Hanya Menawarkan Bekerja Keluar Negeri dan Perusahaan

Infogunungkidul, 

PLAYEN, Minggu Wage-Lembaga Swadaya Masyarakat, Jejaring Rakyat Mandiri(Jerami), Rico Caroko mengkritisi Pemerintah Daerah terkait keterlibatan pemuda dalam dunia pertanian. Pemerintah selama ini dianggap tidak mendorong pemuda untuk menjadi petani, tetapi justru menawarkan pekerjaan keluar negeri dan ke perusahaan-perusahaan.

 
Hal ini diungkapkan Rico Caroko disela-sela acara saresehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Balai Desa Bleberan, Playen, Minggu, (18/02).
 
Krisis pemuda yang semakin lama meninggalkan profesi sebagai petani menjadi perhatiannya. Karena dengan semakin sedikitnya petani, niscaya ketahanan pangan tidak akan terwujud.
 
Ia berharap, untuk regenerasi petani para pemuda harus ditanamkan jiwa petani. Hal ini dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak diantaranya pemerintah, dan pemuda itu sendiri.
 
Kalau pemerintah tidak mendorong para pemuda untuk dididik menjadi petani mustahil anak muda yang mau jadi petani, mereka akan banyak yang bekerja di perusahaan.
 
Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk menimbulkan jiwa petani. Ia mencontohkan, sekali-kali karangtaruna muda diajak keluar negeri seperti Korea, jepang, di sana menjadi petani cukup menjanjikan dan banyak yang sukses. Sehingga menimbukan semangat untuk menjadi petani.
 
Saat ini, menurutnya, pemerintah belum memberikan kesempatan itu kepada pemuda yang ditawarkan justru bagaimana bisa bekerja keluar negeri atau ke perusahaan.
 
Ia mengharapkan pemerintah berpihak kepada petani, baik regulasi maupun programnya berpihak kepada para pemuda.
 

Rico Caroko: Yang Terpenting Menanamkan Jiwa Petani Kepada Pemuda

 
Dalam acara saresehan KTNA di Balai Desa Bleberan, Playen dihadiri, Wabub Gunungkidul, Dr. H. Immawan Wahyudi, SH.MH, Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Suharno, SE, Ketua KTNA Gunungkidul, Slamet, S.Pd, MM, Ketua KTNA DIY dan seluruh Gapoktan seluruh Gunungkidul.
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig
 


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE