• Kamis, 21 Juni 2018
  • LOGIN
Sedekah Ki Wono Kusumo: 3.500 Ingkung Dibagi-Bagi

Sedekah Ki Wono Kusumo: 3.500 Ingkung Dibagi-Bagi

Foto: Sedekah Ki Wono Kusumo

 

Infogunungkidul, 

KARANGMOJO, Selasa Pahing– Ki Ageng Wono Kusumo, yang diyakini sebagai penyebar agama Islam di Bumi Handayai 400 tahun silam, meninggalkan ajaran mulia. Setiap bulan Jumadilakir, warga Padukuhan Warung, Banjardowo, Wonontoro, Desa Gedangrejo, Karanmojo dan sekitarnya melakukan upacara, mendoakan arwah almarhum Ki Ageng Wono Kusumo.

Tahun 2018, dalam ritual terebut disedekahkan nasi uduk dan 3.500 ingkung. Usai upacara, tidak pandang bulu, setiap hadirin menerima satu paket ingkung utuh.

Purwato, ST. selaku Ketua Panitia Nyadran menjelaskan, di samping 3.500 ayam, satu lembu dan 150 ekor kambing disembelih, disedekahkan mulai tanggal 1 Jumadilakir hingga 21. Penyelenggara sedekah 200 Kepala Keluarga, warga Padukuhan Warung, Banjardowo, dan Wonontoro.

Puncak upacara sedekah dilakukan di Pendopo Alit, depan makam Ki Ageng Wono Kusumo, Senin (12/03).

Hadir dalam kesempatan itu, Agus Kamtono Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Muspika Karangmojo, Kepala Desa Jatiayu, serta ribuan masyarakat dari dalam dan luar Gunngkidul, termasuk KRT. Drs. Kamalu Diningrat, selaku Pengageng Pengulon, Kraton Yogyakarta.

Dalam sambutan tetulis yang dibacakan Agus Kamtono, Hj. Badingah, S.Sos. menyatakan, budaya sedekah seperti dilakukan warga Desa Gedangrejo dan Jatiayu perlu dilestarikan.

Upacara Jumadilakiran dimulai Pukul 13.25, berakhir pukul 15.37 WIB.

Agung Sedayu-ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE