• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Tahun 2018 Gunungkidul Mendapat Ribuan Kuota RTLH

Tahun 2018 Gunungkidul Mendapat Ribuan Kuota RTLH

Foto: Ir. Bambang Antono, MT

 

Infogunungkidul, 

WONOSARI, Kamis Wage-Tahun 2018 Gunungkidul mendapat kuota Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) minimal 1350 unit rumah. Jumlah tersebut berasal dari tiga sumber, APBN, APBD Propinsi, dan APBD Kabupaten. Bantuan tersebut bersifat stimulan dan harus ada dana perimbangan dari penerima RTLH atau dana swadaya.

 
Ir. Bambang Antono, MT, Kepala Bidang Perumahan, Dinas PUPR Kabupaten Gunungkidul menjelaskan, tahap pertama RTLH anggaran APBN berjumlah 700 unit. Untuk tahap kedua belum diketahui secara pasti dapat berapa unit, yang jelas jumlah pengajuan dari Kabupaten Gunungkidul sekitar 300 unit.
 
Menurutnya, RTLH yang bersumber dari APBN, ada tiga kriteria, rumah rusak berat mendapatkan bantuan Rp.15 juta, rusak sedang Rp.10 juta, dan ringan Rp.7,5 juta.
 
Bantuan sejumlah itu diberikan berupa barang material. Tiga kecamatan akan menjadi sasaran RTLH, yakni Kecamatan Tepus, Tanjungsari, dan Saptosari.
 
 
Kemudian RTLH dana APBD Propinsi, melalui Bansos di alokasikan di Kecamatan Gedangsari, yang jumlahnya mencapai 400-500 unit, dengan nilai 10 juta per unit.
 
Sumber dana bantuan RTLH yang terakhir dari APBD Propinsi dialokasikan di 7 desa Kecamatan Saptosari yang berjumlah 150 unit masing semilai Rp.15 juta.
 
Menurut Bambang, bantuan RTLH yang bersumber dari APBN, data penerima didapat dari tim penanggulangan kemiskinan. Difokuskan sektor selatan untuk mendukung pariwisata.
 
 
Sedangkan bantuan dana APBD Propinsi dan APBD Kabupaten, difokuskan untuk pengentasan kemiskinan.
 
Ditambahkanya, pelaksanaan RTLH APBN masih dalam tahap perekrutan tenaga pendamping. APBD propinsi sudah tahap sosialisasi penerima manfaat, dan proses perencanaan, sedangkan dana dari APBD kabupaten sudah tahap proses sosialisasi tingkat kabupaten. Diharapkan, bulan April sudah dapat dilaksanakan.
 
 
Reporter: W Joko N-ig


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE