• Jumat, 27 April 2018
  • LOGIN
Pensosmas Pengerak Partisipasi Masyarakat

Pensosmas Pengerak Partisipasi Masyarakat

Puji Suprapti anggota Pensosmas (Foto:ig/Jok)

 

NGLIPAR, MINGGU KLIWON, infogunungkidul.com-Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) dibentuk oleh Kementerian Sosial untuk membantu melaksanakan program-programnya di masyarakat. Khususnya penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Dikatakan Suryanto salah satu anggota Pensosmas ketika mengadakan koordinasi di wilayah Nglipar, Sabtu, (14/04). 

Ia mencontohkan salah satu kegiatan yang belum lama dilaksanakan adalah penyuluhan sosial kepada masyarakat oleh Dinsos Kabupaten dan Propinsi DIY, terkait masalah kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga.

Selain itu, lanjutnya, ikut andil juga dalam acara pemberian "Gedangsari Award" dan launching lagu "Ayunda Si Menik" yang dilaksanakan di Greend Vilage Gedangsari, beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA: 

-Desa Mertelu Lima Tahun Pertahankan Pencegahan Nikah Usia Dini

-Ayunda Si Menik: Genggam Cita-cita Tunda Nikah Menuju Keluarga Bahagia

Puji Suprapti, sesama anggota Pensosmas menambahkan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan khususnya dalam permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Dia menjelaskan, yang dimaksud dengan PMKS adalah seseorang atau keluarga, karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, dan karenanya tidak dapat menjalin hubungan yang serasi, serta kreatif dengan lingkungannya, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani dan sosial) secara memadai dan wajar.

Hambatan, kesulitan, dan gangguan tersebut sambungnya, dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, maupun perubahan lingkungan (secara mendadak) yang kurang mendukung atau menguntungkan.

Sementara itu TKSK Gedangsari, Darmawan Ansyori yang juga ikut tergabung dalam Pensosmas di Gunungkidul membeberkan bahwa Pensosmas teribentuk sejak tahun 2017. Dikatakannya Pensosmas Gunungkidul beranggotakan dari berbagai profesi, berasal dari 18 kecamatan di seluruh Gunungkidul.

Menurutnya, satu-satunya Pensosmas di DIY yang sudah melaksanakan kegiatan program dari Kemensos adalah Pensosmas Gunungkidul.

"Saya mengapresiasi pada teman-teman yang sudah kerja keras terjun ke masyarakat, apalagi kegiatan yang dilaksanakan di Greend Vilage kemarin cukup berhasil," ucap Darmawan Ansyori. (Joko)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE