• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Ultah PPS Merpati Putih Gunungkidul Pamerkan Pesilat Cilik

Ultah PPS Merpati Putih Gunungkidul Pamerkan Pesilat Cilik

Pemotongan Tumpeng Ultah ke-9, PPS Betako Merpati Putih (Foto: IG/Joko)

 

NGLIPAR, SENIN LEGI, infogunungkidul.com - Perguruan Puncak Silat (PPS) Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih (MP) cabang Gunungkidul ulang tahun ke-9, Minggu malam, (15/04). Ultah bertempat di Sekretariat Cabang, Jalan Nglipar-Ngawen KM 7, Rt 03/02, Padukuhan Kepuh Sari, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar. PPS Betako MP adalah salah satu warisan budaya asli Indonesia.

BACA JUGA: Lomba Silat Koreo se-Jawa, Pertama kalinya Akan Diadakan di Gunungkidul

Sersan Satu (Sertu) Sukirno, Ketua Cabang Gunungkidul PPS Betako menjelaskan, MP Cabang Gunungkidul dirintis tahun 2004, berdiri sebagai cabang di Gunungkidul tahun 2010. Sukirno menyatakan, acara ulang tahun ke-9 dimaksud untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi dalam olahraga pencak silat.

"Peringatan ini juga sebagai wahana pemersatu antar perguruan yang ada di Gunungkidul," ujarnya.

BACA JUGA: Festival Koreografi Pencak Silat DIY-Jateng, Resmi Dibuka Wakil Bupati

PPS Betako MP, lanjutnya, adalah salah satu warisan ilmu beladiri karya nenek moyang Indonesia asli. MP adalah singkatan, yang bermakna mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan.

"Diharapkan, Anggota MP sanggup menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya," pungkas Sukirno.

Sementara itu, Danramil 04 Kecamatan Nglipar, Kapten Infanteri Marsimin, anggota MP mengatakan, kiprah atlet-atlet MP dari Gunungkidul sudah banyak menyumbangkan medali baik tingkat Kabupaten, Propinsi, maupun Nasional.

BACA JUGA:  Kejurnas Jogja Campionship, Cakra Kembang Gunungkidul Boyong 8 Mendali

Ia mencontohkan Pertandingan tingkat DIY-Jateng yang diadakan di Yogyakarta tahun 2018 belum lama ini dari Gunungkidul memboyong 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Oleh karena itu, kata Marsimin, pemerintah daerah seharusnya tidak menutup mata atas prestasi yang sudah ditorehkan oleh atlet MP dan yang lainya.

"Prestasi mereka pasti mengangkat nama Gunungkidul," tandasnya. 

Ultah MP dihadiri Muspika Kecamatan Nglipar, beberapa perguruan pencak silat, juga anggota DPRD Gunungkidul, Sarjono. (Joko)

Merpati Putih Pamerkan Pesilat Cilik


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE