• Minggu, 18 November 2018
  • LOGIN
Manajemen Rekayasa Lalin, Upaya Kurangi Kemacetan Lebaran 2018

Manajemen Rekayasa Lalin, Upaya Kurangi Kemacetan Lebaran 2018

Ir Sunarjo Kabid lalin, Dishub Kabupaten Gunungkidul (Foto: INFOGUNUNGKIDUL.com/jk)

 

(Video: INFOGUNUNGKIDUL.com/jk)

WONOSARI-Rabu Pahing-INFOGUNUNGKIDUL.com Libur lebaran tahun ini diperkirakan Kabupaten Gunungkidul akan dipadati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dari luar daerah. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul mengambil langkah-langkah antisipasi terjadinya kemacetan, salah satunya dengan manajemen rekayasa Lalulintas (Lalin).

Kepala Bidang Lalulintas, Dishub Kabupaten Gunungkidul Ir. Sunarjo, pada Rabu (06/05), di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa manajemen rekayasa lalulintas yang diterapkan berkonsentrasi pada 2 permasalahan. Diantaranya, monitoring Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dengan memasang rambu tambahan/petunjuk arah pada jalur alternatif. Kemudian pengaturan ulang timer traffic light dan pemasangan water barrier serta pembatas jalan. Selain itu, dengan menggunakan jalur alternatif, pintu masuk barat ada beberapa jalur, diantaranya bisa melalui, Jalan Piyungan-Sorogedug-Jembatan Sembada Handayani-Nglanggeran-Wonosari. Namun jalur alternatif ini tidak direkomendasikan untuk kendaraan besar. Jalur kedua Jalan Petir-Oro-oro-Nglanggeran-Wonosari, ini juga hanya digunakan untuk kendaraan kecil. Ketiga Cino mati-Dlingo-Getas-Playen-Wonosari, hanya kendaraan kecil. Jalur empat Imogiri-Dlingo/Mangunan-Getas-Playen-Wonosari. Kelima jalur Bantul-Panggang-Saptosari-Paliyan-Wonisari.

Kemudian yang masuk lewat pintu utara melalui, satu Gedangsari-Ngalanggeran-Wonosari, jalur ini tidak direkomendasikan untuk kendaraan besar. Kedua jalur Gedangsari-Nglipar-Wonosari. Ketiga jalur Cawas-Ngawen/Semin-Karangmojo/Nglipar-Wonosari.

Pintu masuk dari timur bisa melalui, satu jalur Sukoharjo-Candirejo-Semin-Karangmojo-Wonosari. Dua Mayaran-Semin-Karangmojo-Wonosari. Tiga jalur Praci-Bedoyo-Semanu-Wonosari

Sedangkan untuk arus balik dari pantai, bisa melalui Multazam-Wareng-Pampang-Playen-Gading. (JK)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE