THR Perangkat Desa, Tidak Diberikan Melalui Regulasi APBD
  • Selasa, 21 Agustus 2018
  • LOGIN
THR Perangkat Desa, Tidak Diberikan Melalui Regulasi APBD

THR Perangkat Desa, Tidak Diberikan Melalui Regulasi APBD

WONOSARI-Jumast Wage-INFOGUNUNGKIDUL.com - Anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi perangkat desa tidak diberikan melalui regulasi APBD Kabupaten Gunungkidul, namun diserahkan kepada kecukupan atau kemampuan pemerintah desa untuk meberikan THR. Disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono, Kamis (7/6).

"Tidak ada aturan terkait dengan pemberian THR untuk perangkat desa melalui APBD.Namun tunjangan bisa diambilkan dari APBDes melalui pengembalian pajak, retribusi, insentif PBB atau ADD," jelasnya.

Peraturan ini, lanjut Drajad, sesuai dengan Peraturan Bupati No. 26 tahun 2018 tentang THR bagi kepala desa, perangkat desa, staf perangkat desa, tenaga harian lepas, dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Setiap desa mempunyai kemampuan anggaran yang berbeda-beda, sedangkan besaran THR yang disediakan untuk perangkat desa juga akan berbeda-beda tergantung kecukupan atau kemampuan pemerintah desa untuk memberikan THR. "Besarnya THR paling banyak sama dengan penghasilan tetap dalam satu bulan yang diterima pada tahun berkenaan," terangnya. Untuk pemberian THR itu sendiri Drajad mengatakan, bahwa akan secepatnya diberikan kepada perangkat desa, karena peraturan baru telah diterbitkan.

Terkait hal ini, Bambang Setiawan, Ketua paguyuban Kepala Desa se Gunungkidul, Semar Sembogo menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi positif kepada pemerintah Kabupaten Gunungkidul, karena selama ini pemerintah desa tidak bisa berbuat banyak untuk mengeluarkan THR untuk para perangkat desa kerena belum adanya payung hukumnya.

"Dengan Peraturan Bupati ini, semuanya sudah jelas," kata Bambang.

Namun demikian, Bambang menyampaikan, bahwa pihaknya belum menerima surat resminya terkait Perbub ini. "Kita masih menunggu, semoga segera turun," harapnya. (jk)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE