• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
ANGGOTA DPRD II MAJU DPRD I: ANTARA KEKUATAN DAN ANCAMAN

ANGGOTA DPRD II MAJU DPRD I: ANTARA KEKUATAN DAN ANCAMAN

Foto: Ilustrasi (Ist)

 

 

WONOSARI, INFOGUNUNGKIDUL.com, (Jumat Wage)-Beberapa anggota DPRD II Gunungkidul pada Pemilu serentak 2019 bergeser, mencalonkan diri menjadi anggota DPRD I DIY. Satu sisi fenomena itu merupakan kekuatan baru bagi parpol, sisi lain secara internal adalah ancaman bagi incumbent.

Menyebut nama, Wahyu Pradhana Ade Putra misalnya. Banteng muda yang sengaja bergeser bertarung meraih kursi DPRD DIY, bagi PDIP merupakan ‘darah segar’, tetapi lain perkara bagi senior Nuryadi dan Bambang Chrisnadi. Dengan kehadiran Ade, mereka berdua pasti was-was.

Harapannya, tentu PDIP berangan-angan merebut tiga kursi, tetapi melihat gonjang-ganjing di DPC PDIP, terkait hengkangnya Suharno agak sulit, tetap memperoleh dua kursi pun sudah cukup hebat.

Dapil I, terutama Kecamatan Wonosari, pendukung loyal Suharno sangat boleh jadi, ragu-ragu menjatuhkan pilihan baik pada Nuryadi maupun Bambang Cris.

Untuk Kecamatan Wonosari, sesuai dokumen KPUD Gunungkidul, perolehan PDIP secara keseluruhan 13.383 suara. Dibandingkan 17 kecamatan lain, Wonosari merupakan kantong pemilih terbesar PDIP.

Suharno, yang kini hengkang ke partai Nasdem, kekuatan pendukung fanatiknya untuk Kecamatan Wonosari sebesar 6.233. Total suara PDIP Dapil Gunungkidul adalah 87.533. Sebutlah itu berbanding lurus, dalam arti pendukung Suharno eksodus ke Patai Nasdem, kekuatan PDIP berkurang, tinggal 81.300 suara.

Semisal pada pemilu 2019 PDIP meraih angka sebesar 81.300, dihitung dengan angka pembagi kursi 1, 3, 5, 7, Partai Moncong Putih masih potensial meraih dua kursi.

Pertanyaannya: kursi itu jatuh ke Nuryadi, Bambang Crisnadi, atau Wahyu Pradana Ade Putra butuh referensi perolehan suara, ketika mereka bertarung di pileg 2014.

Nuryadi mengumpulkan 20.375, sementara Bambang Crisnadi memperoleh 11.052 suara. Karena mereka incumbent, asumsinya mereka bisa kembali duduk di kursi DPRD DIY.

Relita bisa lain, karena Wahyu Pradhana Ade Putra, di DPRD II memiliki pengalaman mengumpulkan kekuatan sebesar 4.775 menyebar di kecamatan Nglipar (2.194), Patuk (1.247), Ngawen (1.045), serta Gedangsari (269).

Ade pun bersungguh-sungguh dalam melacak kantong suara Dapil IV. Di sana, Desiyanti (Ibu kandung Ade) menyatakan tidak mencalonkan karena alasan kesehatan. Suara Desiyanti tidak kurang dari 5.329.

Ade, berdasarkan informasi terbaru, habis-habisan menggarap Dapil II dan IV. Sebagai politisi muda, dia tidak mengabaikan Dapil I, III, dan V. Probabnilitas angka perolehan suara Ade bisa jadi mengungguli Nuryadi dan Bambang Crisnadi.

Ade bisa menjadi darah segar bagi PDIP, tetapi bisa pula menjadi ancaman bagi Nuryadi dan Bambang Cris. Manakala Ade berhasil mengangkat suara dari 80.000 menjadi 100.000, kemungkinan besar PDIP meraih 3 kursi di DPRD DIY.

(Bambang Wahyu Widayadi)


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE