• Minggu, 23 September 2018
  • LOGIN
DI INDONESIA, KORUPSI DAN SUAP TELAH MENJADI IDEOLOGI

DI INDONESIA, KORUPSI DAN SUAP TELAH MENJADI IDEOLOGI

WONOSARI - INFOGUNUNGKIDUL.com 

KAMIS LEGI - Koruptor, mati satu tumbuh empatpuluh satu. Penyuap, mati satu, tumbuh seribu. Suap dan korupsi merupakan dua sisi mata uang, gambar berbeda, sama dampaknya.

Dikabarkan, politisi Demokrat Sutan Bhatoegana meninggal dunia di RS Bogor Medical Center (BMC), Sabtu (19/11/2016) sekitar pukul 08.00 WIB, dikutib dari bangkapos.com

Diketahui dari KOMPAS.com Pengusaha Anggodo Widjojo tutup usia pada Jumat (7/9/2018). Anggodo meninggal pada usia 63 tahun di Rumah Sakit Premier Nginden, Surabaya.

Meski para penyuap dan koruptor itu ujung-ujungnya mati, sesuai hukum alam, bahwa semua makhluk yang bernyawa bakal menemui ajal, tetapi generasi baru terus saja bertumbuh.

Awal September 2018, masyarakat Indonesia dikagetkan peristiwa besar, KPK menersangkakan 41 anggota DPRD Kota Malang.

Korupsi dan suap di negeri ini telah menjadi landasan idiil, bagi sebagian besar warga negara. KPK sekuat apa pun, tidak akan pernah bisa menersangkakan seluruh orang yang menganut ideologi korupsi dan suap.

Korupsi dan suap, itu sebagaimana komunis, telah menjadi paham yang merasuk ke tulang sungsum darah dan daging manusia.

Presiden Jokowi, terbukti tidak bisa meredam korupsi dan suap. Taruhlah Prabowo menang dalam Pilpres 17 April 2019, menghentikan langkah koruptor dan pesuap, dia mau pakai cara apa?

Teman saya mendamprat habis-habisan, kamu jangan banyak bacot, beri solusi. Lho, bukankah solusi itu sudah tersedia? Para pemegang kebijakan saja yang tidak berani mengambil langkah. Apa itu? Mereka tidak berani mengambil resiko kembali ke Pasal 29 Ayat 1 UUD 1945.

Siapapun presidennya, sepanjang Pasal 29 Ayat 1 UUD 1945 tidak diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, mustahil negeri ini bersih dari korupsi dan suap. Tidak percaya? Tungu saja hasil kerja penguasa 2019-2024.

(Banbang Wahyu Widayadi)

 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE