• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Tidak Semua Limbah Medis Harus Dimusnahkan

Tidak Semua Limbah Medis Harus Dimusnahkan

Arif Solikhin menjadi narasumber ahli, pada seminar Poltekes (03/12)

YOGYAKARTA - INFOGUNUNGKIDUL.com 

KAMIS KLIWON-Direktur CV. Timdis Yogyakarta, Arif Solikhin menjadi narasumber ahli, pada seminar Poltekes (03/12). Dia memaparkan ilmu tata cara penanganan limbah medis kepada Mahasiswa semester 3 pada mata kuliah penyehatan tanah dan pengelolaan sampah A, program studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan.

Baca juga:

Kepada INFOGUNUNGKIDUL.com Arif mengatakan, pada dasarnya para mahasiwa membutuhkan informasi mengenai jenis limbah B3 (Bahan Beracun Berbahaya) fasyankes, mulai dari penanganan dan pengelolaan limbah yang bisa didaur ulang dan yang tidak.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Manusia Kesehatan," ujarnya Kamis (06/12)

Mahasiswa program studi sarjana terapan sanitasi lingkungan.

Arif mengapresiasi atas dilaksanakan kegiatan seminar. Mahasiswa dipastikan mampu memberikan edukasi kepada penghasil limbah.

Pada umumunya menurut Arif, limbah medis sangat sensitif, tetapi tidak semua limbah medis harus dimusnahkan.

"Masih ada beberapa limbah yg dapat didaur ulang, dengan konsep pemilahan dari awal sumber limbah dengan penanganan khusus, supaya tidak berdampak pada lingkungan," papar Arif.

Dalam olahan lanjutan, kata dia, berpedoman pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup P 56. Di sana dusebutkan ada item limbah yang dapat didaur ulang dengan mengedepankan SOP dari hulu hinga hilir sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. (Fajar)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE